Rabu, 25 Maret 2009

Hazop & Hazid

Sebagai salah satu elemen dalam Process Safety Management (baik itu PSM nya OSHA, dalam elemen Process Hazard Analysis; CCPS, dalam elemen Hazard Identification, maupun salah satu evidence dalam Safety Case), baik HAZOP maupun HAZID kudu dipelajari oleh seorang safety ingeniuer..
1. HAZOP dan HAZID adalah evidence-evidence yang dibutuhkan dalam Safety Case untuk menyusun klaim bahwa plant yang akan didirikan "AMAN". Dalam PSM, karena dia adalah salah satu elemen maka HAZOP dan HAZID adalah minimum requirement untuk pemenuhan standar PSM (akan dinilai dalam suatu audit Process Safety minimum 5 tahun sekali).
2. Hazard Identification digunakan untuk menyusun Hazard Register, suatu list bahaya-bahaya yang mungkin akan muncul/ada dengan didirikannya suatu unit proses misalnya. HAZID ini tidak terlalu rumit dan sifatnya memang lebih umum. Sementara HAZOP adalah salah satu metode Process Hazard Analysis yang terstruktur dan dilakukan oleh suatu tim berbasis P&ID, dan Process Safety Information

Tidak ada komentar:

Posting Komentar