Rabu, 25 Maret 2009

Awas HP anda bisa disambar Petir...!

....... Pengguna handphone diminta hati-hati menggunakan HP saat musim datang yang disertai petir. Gelombang microwafe pada HP dapat memicu tekanan kejut yang yang ditimbulkan petir.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMG Batam, Sunarto menyebutkan, adanya kasus warga yang tersambar petir, Senin (3/23/2009) diduga korban menggunakan HP yang menimbulkan efek gelombang microwave tersebut.

"HP dan radio HT jalur sistem komunikasinya menggunakan jalur frekuensi microwave. Berpotensi terkena petir. Warga diminta berhati-hati menggunakan HPm saat musim hujan," kata Sunarto, kemarin.

Selain HP, potensi terkena petir juga bisa terjadi pada saat menggunakan telepon rumah dan ledeng air mandi. Efek kejut saat petir menghantam ground listrik, bisa menimbulkan seseorang dapat terserang petir. "Kalau hujan disertai petir, hati-hati juga pakai telepon rumah dan air ledeng," ujarnya.

Pengamatan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Batam, sejak awal bulan Maret ini, intensitas curah hujan masih tergolong normal yaitu mencapai 30 mm/jam. Diperkirakan curah hujan terus meningkat namun tak sampai melebihi batas normal, yaitu 70 mm/jam. "Curah hujan bulan ini memang naik dibanding Januari dan Februari 30 mm/jam. Tapi masih normal," katanya.

HP dan Petir

Desain antena HP bervariasi. Diantaranya, ada yang tidak terlihat bagian antenanya (antenanya tetap ada, hanya kecil ukurannya). Tapi tidak berarti HP tersebut lebih aman karena prinsip dasar pesawat telekomunikasiwireless tetap memakai antena untuk menerima dan mengeluarkan sinyal.

HP merupakan pesawat telekomunikasi yang ketika aktif, pada antena kecilnya (berbahan dasar konduktor) berusaha mencari atau menangkap sinyal-sinyal kemunikasi berupa gelombang medan elektromagnetik. Pada proses ini, di dalam antena itu elektron-elektron bergerak menghasilkan gelombang medan listrik-magnet. Masih ditambah lagi adanya medan listrik pada HP akibat "kebocoran" medan listrik statis dari baterai HP. Dengan demikian, di dalam HP terdapat cukup banyak muatan yang dapat menghasilkan medan listrik.

Peristiwa ini serupa dengan apa yang terjadi pada cara kerja penangkal petir beradiokatif. Jadi, medan listrik yang terdapat disekitar HP dapat mempengaruhi gerak ion dan molekul udara. Pada akhirnya keadaan ini berpeluang besar untuk dilalui aliran listrik atau tersambar petir!

"  Ternyata yang doyan HP bukan hanya maling tetapi petir juga doyan....!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar