Jumat, 06 Maret 2009

Job Safety Analysis (JSA)

Analisa keselamatan pekerjaan adalah pendekatan struktural untuk mengidentifikasi potensi bahaya dalam suatu pekerjaan dan membaginya dalam langkah-langkah pekerjaan. Karena yang dipertimbangkan aksi (sifat) dan sama juga dengan kondisi phisik dan lingkungan, adalah suatu cara yang baik untuk menambah wawasan keselamatan dan mencapai perbaikan yang berkesinambungan dalam kinerja keselamatan. Juga karena JSA biasanya dibuat oleh sebuah tim, hal itu cara yang baik juga untuk meningkatkan keterlibatan yang lebih luas dalam memperbaiki kinerja keselamatan.
JSA yang lengkap mendapatkan keuntungan sbb:
* Memberikan pengertian yang sama terhadap setiap orang tentang apa yang dilakukan untuk mengerjakan pekerjaan dengan selamat.
* Adalah suatu alat pelatihan yang efektif untuk para pegawai baru.
* Elemen yang utama dapat dimasukkan dalam daftar keselamatan, pengarahan sebelum memulai pekerjaan, observasi keselamatan, dan sebagai topik pada rapat keselamatan.
* Membantu dalam penulisan prosedur keselamatan untuk jenis pekerjaan yang baru maupun yang dimodifikasi.
* Suatu alat yang efektif untuk merencanakan pekerjaan yang dilakukan tidak rutin (misalnya: mematikan unit, dsbnya).
Disamping keuntungan tersebut ada satu hal yang secara tidak langsung membantu supervisor jika JSA ini bisa diimplementasikan secara utuh dan benar, merangsang inisiatif pekerja dalam melaksanakan pekerjaan dengan selamat tanpa harus menunggu perintah......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar