Rabu, 15 Juli 2009

POTENSI HAZARD AIR MINUM !!

Penumpukan bahan-bahan kimia berbahaya dari plastik di dalam tubuh dapat memicu munculnya kanker. Sebuah penelitian di Jepang mengindikasikan, polysterene dapat menjadi penyebab kanker dan berpengaruh pada sistem saraf pusat. Sedangkan Poly Vinyl Chlorida dan Vinylidene Chloride Resin merupakan dioksin, yaitu senyawa kimia yang digolongkan sebagai penyebab utama kanker karena sifatnya yang sangat beracun.Masing-masing jenis plastik mempunyai tingkat bahaya yang berbeda tergantung dari material plastik dan bahan kimia penyusunnya. Perpindahan monomer-monomer plastik ke dalam makanan dipicu oleh beberapa hal, yaitu panas, asam dan lemak. Jadi, sebaiknya sayur bersantan, susu dan buah-buahan yang mengandung asam organik tidak dibungkus plastik dalam keadaan panas, ataupun kalau terpaksa jangan digunakan terlalu lama.Penggunaan plastik boleh digunakan jika bahan yang dimasukkan dalam keadaan dingin.
Namun demikian memang ada plastik khusus yang bertuliskan tahan lemak dan tahan dingin. Akan tetapi tetap saja Plastik jenis ini hanya boleh dipakai selama bahan yang dimasukkan tidak panas.
Secara teknis, plastik kemasan sebagai media simpan air mineral tersebut jika terkena panas matahari akan mengeluarkan zat yang jika tercampur dengan airnya akan berbahaya bagi kesehatan manusia, disebutkan dapat menyebabkan penyakit degeneratif seperti kanker misalnya.
Sering kali ditemui di lapangan karena keasyikan bekerja sering melupakan bahwa posisi tempat meletakkkan air minum sudah terkena matahari langsung, walau pada awalnya tempat meletakkan air minum yang dalam jerigen plastik tersebut terlindung dari sinar matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar